Jalan-Jalan Ke Taman Balekambang Solo

Sehari sebelum liburan Paskah tanggal 3 April  kemarin, Mbak Ruwi Meita ngajakin aku pergi ke Solo. Keponakannya, seorang gadis kecil bernama Nares, sedang ditinggal dinas mamanya selama 6 bulan, dan Mbak Ruwi pengen ngajakin Nares jalan-jalan buat refreshing. Kebetulan Mbak Saptorini, sahabat kami tinggal disana dan mau banget direpotkan untuk ketemu kami. Sebenarnya tadinya janjian juga sama Mbak Aniek, tetapi sayang beliau sakit 😦

“Oke deh, aku bawa anak juga ya…” kataku, dan si bungsulah yang kubawa. Kami janjian, siapa yang paling dulu sampai ke stasiun, dialah yang antri beli tiket kereta. Nah, mengingat betapa rempongnya kami bangun pagi dan gedubrakan…tentu bisa ditebak siapa yang bisa sampai duluan ke stasiun. Hehehe…

Nah, ternyata pas aku masih di jalan, Mbak Ruwi wasap supaya aku nggak usah buru-buru ke stasiun karena dia udah dapet tiket yang jam 8.20 karena yang paling pagi habis. Waduh…ya sudah…gimana lagi? Pagi jam 8.20 kereta kami berangkat ke Solo. Mbak Ruwi, Ima putrinya, Nares keponakannya, aku, dan Shirin anakku.

Meski Shirin dan Nares seumur tapi mereka masih malu-malu buat ngobrol dan main bareng. Maklum baru ketemu sekali ini. Cuaca cenderung mendung ketika kami tiba di Solo. Sambil nunggu Mbak Saptorini, foto-foto dulu… IMG_0450

Nggak lama Mbak Saptorini dateng sama suaminya… (Suaminya baik banget nawarin antri tiket kereta buat pulangnya. Makasih banget ya Om…)

“Ke Taman Balekambang aja yuk, biar anak-anak puas lari-larian,” ajak Mbak Rini. Kemana aja maulah. Yang penting bisa angon bocah. Hahaha…

Kami langsung nyari taksi buat pergi kesana. Tempatnya nggak jauh dari stasiun Purwosari. Eh ternyata Taman Balekambang itu sebuah taman yang lumayan luas. Seneng banget ngelihat teduhnya pohon-pohon besar disana. Dari jauh kami melihat sebuah danau kecil. Masuknya gratis lagi… IMG_0454

Banyak rusa dan angsa dibiarkan berkeliaran disana. Sayang nggak sempat foto karena Shirin tuh rada takut sama semua binatang yang kakinya empat, kecuali yang udah jadi rendang atau semur daging giling. Dia minta naik perahu keliling danau. Di tengah danau ada patung Partini Tuin.

Tadinya aku bilang ke Mbak Ruwi.. “Kok Tuin ya namanya? Bahasa apa ‘Tuin’ itu?” “Di depan ada patung tulisannya ‘Partina’ kurasa kalau yang disini namanya ‘Partini’ mereka berdua adalah kembar. Twin. Nulisnya Tuin karena mereka orang Jawa.” Analisa Mbak Ruwi sepertinya meyakinkan. Aku langsung menerima itu sebagai keyakinan sejarah putri Solo.

Hihihi… Eh… asyik juga lho naik perahu keliling danau ini… dan yang paling asyik, hanya rp 5000,- saja. Ini benar-benar piknik yang irit. FB_20150404_09_34_57_Saved_Picture[1]

Tapi tunggu dulu dong..irit di mainan, tentu nggak irit di jajan. Anak bungsuku ini makan tiap 10 menit sekali. Begitu datang dia udah histeris menunjuk jajanan dari kejauhan. “Ibuu! Ada kentang ulir! Lihat…yang itu sosis panggang! Mmmm…” Menjelang siang, kami istirahat di tepi kolam Partina Tuin. Membiarkan anak-anak main dan kami ngobrol bertiga. IMG_0463

Nggak terasa ngobrol seru sampai jam makan siang. Kami memutuskan nyari makan dulu di dekat stasiun, sambil istirahat dan sholat. Abis makan, dan nunggu di stasiun, eh hujan turun deres bangeeet….bahkan sampai di Yogya juga masih hujaaaan….hiks. Kurang rasanya main seharian ini. Nanti kalau liburan lagi, insya Allah kita ketemu lagi ya temen-temen. Main kemana-mana kalau dibarengi dengan niat bersilaturahmi, kok rasanya bikin hati bahagia…

Advertisements

3 thoughts on “Jalan-Jalan Ke Taman Balekambang Solo

  1. Tentang partini Dan partinah INI ada keterangan sejarahnya di papan deket pintu masuk. aku pernah baca Tp aku juga lupa hehe. Kalo ga salah partini tuin sama partinah bosch

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s